Cari Blog Ini

Senin, 13 April 2015

CARA MEMPARTISI SD CARD MELALUI CWM RECOVERY

CARA MEMPARTISI SD CARD MELALUI CWM RECOVERY

Nah kali iini saya akan memberikan artikel tentang Cara Mempartisi SD Card lewat CWM Recovery. Soalnya biasanya memakai mini partition tool wizard yang terlalu ribet caranya, dan juga memerlukan PC, nah cara ini sangat simple yang hanya menggunakan hh saja. Fungsi dari partisi sd card yaitu untuk membagi sd card itu sendiri yang biasanya di  maksutkan untuk membantu melegakan memori internal pada HH android yg mempunyai internal sedikit. contohnya disini HH Samsung Galaxy Y GT-S5360.




Langsung aja gan TKP :
Persiapkan CWM Recovery anda.
Backup seluruh data SD Card anda ke komputer / laptop karena mempartisi SD Card melalui CWM Recovery akan mem-format ulang SD Card anda. Bagi yang belum tahu bagaimana cara mem-backup SD Card, cukup copy kan seluruh isi SD Card anda kedalam komputer dan selesai. Bila anda sudah berhasil mempartisi, pindahkan lagi seluruh file nya tadi ke SD Card tadi. Namanya me-restore
Masuk ke menu CWM Recovery. Pastinya anda sendiri sudah tahu bagaimana cara melakukannya
Pilih Advanced di menu paling bawah dengan cara menekan tombol volume untuk menaik-turunkan cursor dan tombol home untuk OK
Pilih Partition SD Card
Pilih berapa banyak kapasitas partisi Ext anda. Saya sarankan maksimal hanya 1 GB, Tapi biasanya saya hanya 512 mb untuk partisi nya.
Pada swap size, bisa dikosongkan atau isi dengan berapapun yang anda mau
Tunggu hingga proses partisi selesai hingga muncul warning "Partition completed", setelah itu reboot.
Yoshhh SD card anda berhasil terpartisi.
Jadi begitu lah Cara Mempartisi SD Card Melalui CWM Recovery. Ada baiknya anda benar-benar memperhatikan tutorial diatas supaya tidak terjadi kesalahan. Jangan lupa untuk membackup SD Card anda karena sudah saya jelaskan diatas, mempartisi SD Card via CWM akan mem-format ulang SD Card anda.

Nah ini tambahan penjelasan tentang bagian dari partisi nya :
1. Partisi FAT32
Partisi ini untuk data utama seperti lagu, gambar, video, dll, jadi buat aja dengan kapasitas
yang cukup besar
• Create as : primary,• file system : fat32, sisakan ¼ bagian memory utk ext2/Swap

2. Partisi SD Card untuk EXT-2/ EXT3 / EXT 4.
Partisi ini fungsinya untuk A2SD etc, kurang lebihnya untuk memindahkan Dalvik Cache atau applikasi Apk yang harusnya ada di memory Internal dipindahkan ke Memory External (jadi external Memory card dijadikan Virtual Internal memory)
untuk EXT-2/3 cukup alokasikan maximal 1,25 GB aja gan, karena kalau lebih nantinya sia sia.

• Create as : primary,
• file system : ext2, atau ext-3 atau ext-4

3. Linux Swap
Partisi ini fungsinya sebagai virtual memori yaitu jika RAM kehabisan alokasi memori, bisa di simpan di swap, partisi ini untuk membantu sistem bekerja lebih cepat. Jika ingin menggunakan swap, ganti dengan kernel yg sudah support swap.

• Create as : primary,
• file system : linux swap,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar